Minggu, 17 April 2016

Fungsi kepemimpinan


2. FUNGSI KEPEMIMPINAN



Setiap pemimpin dalam sebuah kepemimpinan mempunyai sebuah fungsi atau tugas pokoknya dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai pemimpin. Pada umumnya setiap pemimpinan mempunyai fungsi dan tugas pokok yang sama, diantaranya :
  1. Sebagai perencana : Setiap pemimpin wajib mempunyai sebuah perencanaan untuk organisasinya ataupun untuk diri sendirinya selaku penanggung jawab demi tercapainya tujuan organisasinya. Perencanaan itu sendiri bisa saja tertulis ataupun tidak tertulis.
  2. Fungsi memandang ke depan : Artinya disini seorang pemimpin di tuntut harus selalu siaga untuk apapun yang akan terjadi kedepannya. Hal ini memberikan jaminan bahwa jalannya pekerjaan yang dituju tidak mengalami hambatan dan kerugian.
  3. Sebagai pengembangan loyalitas : Dalam hal ini pemimpin harus bisa memberi teladan dalam hal sikap dan perkataan agar di setiap tingkatan dibawahnya mempunyai tingkat keloyalan dan kesetiaan yang tinggi terhadap pemimpin itu sendiri dan organisasinya.
  4. Sebagai pengawas : Pada umumnya setiap pemimpin mempunyai tugas utama sebagai pengawas. Dengan adanya pengawasan, pemimpin dapat melihat produktifitas kerja sumber daya manusianya serta memudahkan pemimpin memecahkan masalah yang menghambat dalam kegiatannya agar kembali berlangsung sesuai rencana.
  5. Sebagai pengambil keputusan : Disinilah keberanian seorang pemimpinan dibuktikan dalam hal pengambilan keputusan. Dimana Keputusan itu sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan hidup organisasinya maupun dirinya.
  6. Sebagai pemotivasi : Seorang pemimpin perlu selalu bersikap penuh perhatian terhadap anak buahnya. Pemimpin harus dapat memberi semangat, membesarkan hati, mempengaruhi anak buahnya agar rajin bekerja dan menunjukkan prestas yang baik terhadap organisasi yang dipimpinnya.
  7. Fungsi pemeliharaan : Fungsi ini mengusahakan kepuasan baik bagi pemeliharaan dan pengembangan kelompok untuk kelangsungan hidupnya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar